Oleh: sangprofesor | April 13, 2007

memories in jakal…in the morning…

satu hari berlalu…. dari jakal beralih ke sendowo…

memories in jakal….do u want to know? i don’t know whatever u’r answer…but i want to tell u about…

jakal…

jalan kaliurang…

beberapa hari lalu masih kutapaki jalan itu…jalan antara kos jibe dan kampus…

pagi hari….

kumulai dari gerbang depan kosku…sekitar….25-30 langkah, aku akan sampai di mulut gang kenari, belum terlalu ramai…karena masih pagi…kuarahkan pandanganku ke utara….sungguh indah….pemandangan menyuguhiku merapi yang dengan megah berdiri seakan mengucapkan selamat pagi “shobahal khoir lia”“shobahannur merapi” kuhanya tersenyum memandang salah satu bukti kebesaran Allah itu…merapi yang megah…subhanallah…

tapi tiba2…wusshh…kututup mulut dan hidungku dengan jilbabku…huh…dasar bush!!the real teroxxx…(hah?geoge w bush?)bukan bush dink…tapi bus kota yang khilaf(tapi kayaknya bus ini juga teroxxx…coz merugikan kesehatan manusia)…menyemburkan asap kotor seenaknya…polusi euy…polusi!!!!untung aku segera menjauh…tapi ada seorang bapak yang….uh kasihan…asap hitam itu tepat berada di depan hidungnya…ia tak sempat menghindar,baju bersihnya pasti jadi berbau tak sedap…begitulah….pagi2 di jakal udah ada polusi udara…ya…dari kendaraan bermotor tentunya…memang…jakal akan selalu ramai…tempat lalu lalang bus kota…jalur 3, jalur 5, jalur 7,jalur berapa lagi ya?hm…pokoknya ini jalur yang ramuee…

selanjutnya kuteruskan langkahku kearah selatan…kearah kampus UGM. melewati para tukang becak, wartel, apotik, butik pakaian, bengkel, warung gado2, toko matahari, rental VCD, kios pulsa,kios bapak penjual berbagai roti(waktu ujian aku jadi langganan,2 potong roti isi coklat untuk sarapan),warung B2, warnet channel, toko cahaya, gerobak soto alias tempat mangkalnya para supir bus yang lagi nunggu giliran, toko pernak pernik yang menjual boneka2, warung bakso+mie ayam, warung lagi, tempat jual+service laptop, warung lagi, toko optik, sebuah gerobak kecil yang menjual makanan dan minuman, kayona+artha-tempat cuci foto ternama di jakal, toko elang-tempat jual alat2 tulis, gerobak penjual makanan, toko alat2 kendaraan, toko makanan khas jogja….hah….sepertinya ada beberapa yang lupa kusebutkan tapi akhirnya aku sampai di perempatan jakal-selokan mataram…adakah kau mengamati ceritaku?pointnya di jakal serba ada, lengkap, dan yang paling banyak disana adalah WARUNG MAKAN!!!mungkin banyakan penjual makanan dibanding pembeli makananya.lengkap euy….diatas itu baru dari sisi kanan jalan kalo menuju UGM belum lagi sisi kirinya….wuah…Maha suci Allah…yang membiarkan umatnya berusaha…

setelah sampe di perempatan lampu merah…aku menyebrang, sahabatku, adakah kau tau, apa yang tak pernah luput dari pemandangan di lampu merah…ya…penjual koran, juga anak2 jalanan, ibu2/bapak2 yang meminta2, begitulah….kuberpikir…mengapa ini terjadi…lalu ku bertanya lagi bagaimana solusi masalah ini?apa yangharus kulakukan?tapi….aku sedang tidak ingin membahas hal itu…mungkin lain waktu…

saat menyebrang kuperhatikan selokan mataram…coklat…kotor…tapi sepertinya tak separah yang ada di Jakarta…bener gak?!bener!!

diperempatan ini banyak spanduk, poster, tempelan, selebaran,…berita2 baru tentang adanya pameran buku, pameran komputer, or event2 yang diselengggarain UGM.hmm…

sampai diseberang, tepatnya disana ada pos polisi…ohya terkadang polisi2 itu mengatur lalu lintas juga…kutapaki trotoar disebelah hutan fakultas kehutanan UGM…hmm…daum2 yang berguguran…biji2 merah kecil yang bercerita bahwa ia akan tumbuh, burung2 dari hutan yang mengepak-ngepakkan sayapnya, suasana itu takkan kulupa…aku menyebrang lagi…kali ini menuju gerbang FMIPA UGM+biologi+geografi.berjalan terus memandang pohon2 ditaman FMIPA atau geografi…nyaman berjalan begini…berjalan sambil memperhatikan ciptaan-Nya,lalu membuatku memikirkan banyak hal, banyak hal yang harus kulakukan…subhanallah….tiadalah kau cipta semua ini dengan sia-sia….

“Dan Kami tidak menciptakan langit dan bumi, dan apa yang ada atara keduanya tanpa hikmah….” (QS. Shaad, 38: 27)

ups…dah nyampe MIPA ya?…..

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: