Oleh: sangprofesor | September 17, 2008

Cerita aja…

Bismillahirrohmanirrohim…

SIC, 17 Ramadhan 1429 H. Masih dalam Ramadhan full barokah. Sedang menanti seorang kenalan dari jurusan TPHP UGM.

Hmmhh… entahlah…  harus darimana kumulai cerita. Hmm, biar kuawali dengan: Alhamdulillahirobbil’alamiin…

Segala puji hanya bagi Allah. Manusia boleh saja punya keinginan ini dan itu, tapi tentu saja Allah-lah penentu segalanya. Dan Dia pasti memberi yang terbaik untuk kita. Percayalah… yakinkanlah…

Sudah pernah kuceritakan kalau aku akan FIGHT untuk PKM tahun ini. Punya niat untuk nge-gol-in lagi proposal yang kemarin, atau maju dengan judul yang baru itu.

Waktu terus mengalir. Bahan-bahan tentang penelitian memang sudah lama terkumpul sebagian. Tapi tak sempat jua mengolahnya. Rencananya mah di sela-sela liburan semester kemarin itu, tapi… yah… mau dibilang apa, kegiatan2 organisasi dll ‘kan tak seharusnya dijadikan alasan. Karena mengungkap alasan berarti menunjukkan kelemahan kita. Itu kata sahabatku.

Jadi tak ada alasan. Ini cuma soal kesempatan dan kemauan. Ya, kesempatan dan kemauan. Dua nikmat yang luar biasa. Subhanallah. Beruntunglah orang-orang yang memilikinya.

Akhirnya, dalam hari-hari menuju deadline dikumpulkannnya proposal PKM, dan dengan pertimbangan ini itu, kuputuskan untuk tidak ikut. Keputusan yang membuat beberapa orang mungkin kecewa padaku. Buat Esti, maafin mbak ya dek. Mbak yakin kamu bisa sukses! Good luck buat “lavendernya”!!

Esti, seorang adik yang harusnya kubimbing untuk belajar bersama di kelompok PKM LSiS. Orangnya bersemangat, pekerja keras dan luar biasa bertanggung jawab. Sayangnya, ia bertemu denganku yang penuh dengan keterbatasan, dengan aku yang waktu itu sok sibuk banget!! Astagfirullah… mudah2an Allah mengampuni kelalaianku untuk amanah ini.

Beberapa ide penelitian memang pernah kusampaikan kepadanya. Tapi tetap saja! Ide is ide. Kalo enggak dibahas, enggak dikerjakan, tetep aja NOTHING!! Tapi alhamdulillah, walau demikian, insyaAllah Esti tetap ikut PKM tahun ini dengan membawa bekal dari bu dosen kimia fisik yang baik hati. Bu Ani. Makasih banyak ya Bu..🙂

Kembali pada cerita di awal cerita. Aku ini sedang menanti seorang kenalan dari TPHP UGM.

Allah itu maha bijaksana. Aku memang kenyataannya memiliki kemungkinan yang sangat kecil untuk mengolah sendiri bahan-bahan dan ide yang rada angel itu(nafas kepesimisankah?!huff…). Tapi Allah selalu menolong dengan pertolongan yang tak terduga. Dalam seminggu ini sudah ada empat tawaran ikut PKM. Aku tinggal ikut saja. Proposal sudah ada. Paling ntar aku yang jadi tukang edit sebelum proposalnya dikumpul Sabtu ini. Trus tinggal action di lapangan kalo proposalnya keterima.

Nah, kenalan dari TPHP itu salah satu kandidat yang(maunya)aku terima tawarannya. Rencananya siang ini mau ketemuan, tapi tadi sms nya baru masuk ke SEA. Ternyata gak jadi ketemuan. Dia gak bisa. Bisanya besok. yah, gapapa. Berarti penyampaian permohonan maafku tidak bisa secara langsung, harus lewat sms, bahwa dengan berbagai pertimbangan yang ada,(Risma itu sudah seperti tukang timbang ya!! Menimbang2 terus kerjanya:) ), aku gak bisa ikut membantu dan bekerjasama dalam penelitian mereka itu.(Buat mereka, maapin ya… insyaAllah Risma carikan penggantinya dari anak kimia 06 juga. Ganbatte! Good luck!! Semoga Allah memberi kemudahan…aamiin…)

Ummhhhhhhh………… enak gak enak juga, tiba2 nampang nama atas ide dan kerja orang lain. Emang sie pastinya nanti ikut berkontribusi. Tapi kan……. ya sudahlah…. aku cuma akan mengucapkan Alhamdulillah….. segala puji bagi Allah… syukuri apa yang ada. Rezeki gak boleh ditolak ‘kan?! 

Dan semoga bisa intropeksi diri buat kedepannya Bahwa tangan diatas lebih baik dari tangan di bawah… mencoba memberi bukan menerima… Mencoba jadi pelopor bukan pengekor. InsyaAllah. Mudahkan ya Rabb…

“…Hanya kepada Engkaulah kami menyembah dan hanya kepada Engkaulah kami memohon pertolongan…”(Q.S Al-Fathihah:5)

wallahua’lam bishshowab…


Responses

  1. semoga sukses buat semua aktifitasnya ya.
    FTP UGM…? udah lama banget gak maen ke almamaterku itu

  2. hmm lagi sibuk apa de’?

    wah oleh2nya ga bagi2…

  3. lama aku gak buka blog mb risma,eh ternyata terselip nama ku,iya mbak gak usah minta maaf,…mungkin lain waktu kita kerjasama dan mungkin tidak dipkm ini kita memahat bareng sesuatu yang bermanfaat,…wis mb risma dah cukup beri ku inspirasi dan semangat,terima kasih…

  4. main ke Facebook. ada grupnya…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: