Oleh: sangprofesor | Januari 1, 2010

My little note in year-end 2009…

Satu dua tetes air mataku jatuh di pipi… saat kubaca kembali lembaran biru surat-surat itu… jangan tanya kenapa, sahabat… karena entah, sulit mungkin bagiku menjelaskan semuanya…. tapi, mungkin inilah yang namanya haru… mungkin juga karena inilah saat dimana aku kembali menyadarinya… bahwa aku benar-benar mencintai kalian semua… ya, anugerah cinta yang selama ini kadang tak dapat kubahasakan lewat kata-kata….

I want to love you simply,
in words not spoken:
tinder to the flame which transforms in to ash…

I want to love you simply,
in signs not expressed:
clouds to the rain which make them evanesce…

~*Before Dawn : The Poetry of Sapardi Djoko Damono*~

Sulit pula mengungkapkannya, bahwa dalam dada ini ada juga sedikit kecemasan, kekhawatiran… ketika sadar sepenuhnya bahwa sebentar lagi aku akan meninggalkan sistem-sistem yang kita bangun bersama itu… Tapi bukankah semua sudah ada fase-fasenya?? Dan setelah aku evaluasi, kepergianku selama beberapa bulan dulu itu pastinya penuh hikmah, bukan? maka biarkan semuanya jadi kenangan terindah ya, sahabat? Toh tanpa aku di sisi kalian, insyaAllah kalian tampaknya akan terus tumbuh dan berkembang…lebih pesat bahkan!

Seorang hebat memang tidak bisa “berjalan” sendirian. Ibarat sebuah lidi, sekuat apapun, untuk menyapu jalanan penuh sampah itu, maka ia memerlukan lidi-lidi lain untuk membersihkan semuanya; menjadi sebuah sapu lidi. Begitupula disini…, kalian semua adalah lidi-lidi hebat, lidi-lidi pilihan yang luar biasa… Ya, kalian, yang dihimpunkan dalam sebuah ikatan, lalu menyatukan kekuatan, berusaha mewujudkan impian dan terus menerus memupuk harapan… harapan yang masih ada dan akan selalu ada…. Ah….aku ini menulis apa ya…? Maaf ya kalau tulisan-tulisanku seringnya tidak sistematis dan berputar-putar… aku hanya sekedar terharu… Itu saja mungkin…. Sampai aku bingung,  aku mau menulis apa…?

Tapi bagaimanapun, sebagai sebentuk syukur atas segala rahmat dan kasih sayang-Nya yang tlah tercurah pada kita semua, lewat tulisan inilah aku berusaha untuk membaginya, sepenggal catatan akhir tahun, my little note in year-end 2009. sekalipun kenyataannya aku terpaksa mengutip potongan syair lagu itu…

bila yang tertulis untukku adalah yang terbaik untuk-Mu, Kan kujadikan kau kenangan yang terindah dalan hidupku….”

Ya, “tiada sesuatu bencanapun yang menimpa di bumi dan (tidak pula) pada dirimu sendiri, melainkan telah tertulis dalam kitab (Lauhul Mahfuzh) sebelum Kami menciptakannya. Sesungguhnya yang demikian itu adalah mudah bagi Allah”(Q.S. Al Hadid:22)… maka untuk jatuh bangun dulu itu, untuk tiga tahun napak tilas yang mungkin belum sempat kuceritakan detail-detailnya… untuk kebangkitan sebuah lembaga akademik… insyaAllah ’kan kujadikan kenangan terindah… yang mudah-mudahan saja membawa manfaat, dan sempat kuceritakan juga kepada anak dan cucuku… semoga.

Lalu teruntuk kalian, keluarga besar Lingkar Studi Sains FMIPA UGM dan semua pihak terkait yang tak dapat kusebutkan satu persatu… hanya dalam doa, dalam cinta,  semoga ke depannya LSiS selalu menjadi lebih baik dari hari ke harinya…. “teruskan perjuangan & keep ukhuwah, ya!” Dan untuk setiap peluh, darah, jiwa dan raga serta harta yang mungkin telah dikorbankan dalam jalan juang ini… ”Katakanlah, ’Sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidupku dan matiku hanya untuk Allah, Tuhan semesta alam’”(Q.S.6:162)… semoga Allah meridhai semuanya…. jazaakumullah khairan katsira…

”Ia rukunkan antar hati mereka,

yang seandainya engkau belanjakan seluruh kekayaan bumi seluruhnya,

niscaya engkau takkan mampu merukunkan antar hari mereka,

akan tetapi Allah merukunkan antar mereka”

(Q.S. Al-Anfal:63)


kamar kost, 31 Desember 2009, pk. 19.30….

Salaamun’alaykum….

-Rismalia Dana Putri, someone who want to be better and make others better, with Love-

Iklan

Responses

  1. wakarimasta

  2. mmh..akhir taun yg mengharukan ;(
    but, its will be the end of the begining, right? (bener ga sih b.inggrisnya? sotoy aja deh ini mah, he2)
    maksudnya, akhir suatu cerita itu adalah awal dari cerita yg lain..
    so, kita liat sj, fase apa yg akan dijalani stlah ini..mdh2n smua mnjadi lbih baek ya. amin..

  3. waduh, bingung dah mw comment apa. ga ngerti mksud tulisannya, harus dibaca dulu dikos bru dong. 😀

  4. Postingan pertama setelah 9 bulan, kok tiba2 isinya perpisahan gitu y?

    btw tulisan tulisannya bagus, menginspirasi>>
    oia,, terkadang dengan berpisah justru manusia bisa menjadi lebih kuat. sekaligus sebagai ujian apakah dia masih konsisten atau tidak, ini pertanda keikhlasannya.
    dan dimanapun kita berada entah itu dlm 1 kampus, atau dimanapun. akan selalu ada ikatan yg menyatukan kita. ikatan yang hanya bisa dimiliki oleh orang orang yang melandasinya dengan cinta, harap, dan takut kepada Allah saja..
    yaitu ikatan iman dan islam.

    ditunggu tulisan2nya yg lain ^^”

  5. seperti yang pernah aku rasa dulu ukht waktu lulus dari kampus dan harus pulang ke bengkulu..tiba-tiba ada rasa kehilangan besar terhadap teman2 seperjuangan yang saling mengingatkan dalam kesabaran dan kabaikan

  6. af1 baru buka email and baru baca tulisan ini..

    setelah vakum lebih dari 9 bulan,, akhirnya,,,
    bangkitlah sangproffesor..^0^v

    makasih tulisannya mba..

    -mantan kadep riset-

  7. to Rizza: sama2 ya, dek… 🙂

  8. bagus dan simple

  9. Hmm…. jadi teringat 3 tahun yang lalu…. ^_^
    Tak terasa rasanya….
    Ternyata adek-adekku yang dulu ketika mereka masih maba ku lihat berjalan dengan wajah bingung, polos & diliputi kebimbangan untuk “memijakkan kaki”, sekarang sudah siap untuk “menantang” masa depan….
    Saya sebagai “orang tua” cuma bisa mendoakan (insya Allah doa yg tulus), semoga adek-adekku semua di LSiS menjadi orang-orang yang hebat yang bermanfaat bagi orang lain…..
    Jaga Ukhuwwah! Jangan Pernah Putus Asa! & Optimislah Selalu!

  10. asw..salam ukhuwah..mapir ke blog saya ya ^_^

  11. sebuah akhir menandakan akan muncul awal yang baru…. mamaku….

    dimana sekarang bu’?

  12. welcome to the real world.
    prepare for another journey


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: