Oleh: sangprofesor | Juni 28, 2010

Seleksi Imam Gaya ‘American Idol’ Digelar

Seleksi imam masjid tak pernah memiliki standar baku yang dipakai umat Islam seluruh dunia. Di Malaysia, seleksi imam masjid dijalankan mirip kontes idola seperti ‘American Idol’, ‘British Got Talent’, atau ‘Indonesia Mencari Bakat’. Seperti diberitakan Daily Telegraph, kontes ini diikuti banyak calon imam dan dinilai oleh juri.

Saat mendapatkan giliran diuji, para kontestan acara seleksi imam yang bertajuk ‘Young Imam’ ini ditanya berbagai hal yang terkait dengan Alquran, Hadis, dan Dakwah. Mereka diuji kemampuannya membaca Alquran dan Hadis, menafsirkan, serta menjelaskannya. Juri yang ditunjuk untuk memberikan penilaian adalah mantan mufti besar masjid negara Malaysia, Hasan Mahmood.

Selain ditunjuk untuk menjadi imam di salah satu masjid terkemuka di Kualalumpur, pemenang kontes ini juga akan mendapatkan beasiswa studi di Universitas Internasional Madinah, Arab Saudi. Dia juga berhak mendapatkan hadiah untuk menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci. Para calon imam yang bisa mengikuti kontes ini harus berusia 19-27 tahun.

Acara ‘Young Imam’ ini juga membuka komunikasi dengan para penggemarnya melalui akun facebook. Saat ini, penggembar yang sudah terdaftar sebagai fans dalam akun tersebut mencapai 25 ribu orang. Stasiun televisi Astro menyiarkan seleksi imam dengan gaya tersebut.

Salah satu ujian berat yang harus mereka hadapi adalah memecahkan persoalan fikih yang kerap sulit ditemukan jalan keluarnya. Mereka antara lain diminta untuk mengurus jenazah yang mati karena virus AIDS. “Melihat dan menangani jenazah adalah ritual yang sangat sulit, dan harus bisa mereka hadapi sebagai imam,” kata manajer Astro Oasis, saluran televisi yang menyiarkan acara tersebut.

Mereka juga diuji kemampuannya dalam beradaptasi dengan masyarakat. Salah satu ujian yang terkait dengan kemampuan ini adalah berupa dakwah kepada para pembalap jalanan. Para pembalap jalanan yang tertangkap polisi ini dihadirkan untuk mendapat pencerahan dari para kontestan Young Imam.

Sumber: republika.co.id

***

nb: ikhwah, ada yg berminat ikut kontes ini kah? wah, untuk sekarang, mesti hijrah ke Malaysia dulu sepertinya…^^

*gambar diambil dari sini


Responses

  1. Indonesia biasanya paling cepat mengikuti perkembangan dunia…
    Kapan nih nyusul…..sdh capek…buat acara yg bisa jadi tuntunan dong.

  2. untuk Indonesia, memang mungkin begitu membuat prihatin. tp setidaknya sekarang masih cukup hangat dengan program Indonesia Menghafalnya kan, ya…?!

    yah, ini harapan kita bersama, mudah2an ke depannya jauh lebih baik lagi… makin banyak program yg mendidik masyarakat kita, generasi muda khususnya, agar menjadi generasi kebanggaan ummat, rahmat bagi semesta alam… aamiin ya Allah…

    oya, salam ta’aruf Ummi…^^ *id-nya “Ummu Fajrul”, berarti Ummi kan, ya, panggilannya…?
    ^^*

  3. Salam ta’aruf… ID umminya fajrul.
    T.kasih postingnya menambah wawasan…

  4. iya Ummi, sama-sama… semoga bermanfaat… ^^

  5. saluuuttt buat kontes ini ma….

    kita adain juga yuk…

    • Iya, memang bener2 kreatif dan cerdas, Yu! Apalagi ini kontes yang jadi sasaran peserta adalah anak mudanya, generasi penerus, (dalam kontes ini) yang berusia 19-27 th… mantep deh…! ^^ Nah, yg begitu itu yang dibutuhkan, program2 yg menuntun Ummat ke jalan yang benarrr… ya, “Hidupmu indah bila kau tahu jalan mana yang benar…”

      jadi, hayuk…!? eh, Yuyu ngajak Risma apaan, tah?! kayanya casting film ‘Bumi Cinta’ ‘Dalam Mihrab Cinta’ udah tutup, Yu… telat deh… *wew*


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: