Oleh: sangprofesor | Juli 7, 2010

Tahukah Anda, Apa Saja Isi di Dalam Ka’bah?

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA–Tak banyak orang yang mempunyai kesempatan untuk masuk ke dalam Ka’bah. Bangunan berbentuk bujur sangkar yang menjadi pusat arah bagi umat Muslim yang melakukan shalat itu sebenarnya memiliki ruang yang cukup luas.

Dengan tinggi saat ini sekitar 39 kaki 6 inci (kira-kira 11 meter) dan ukuran total adalah 627 kaki persegi maka ukuran dalam Ka’bah adalah 42,64×29,52 kaki atau sekitar 12,7×8,85 meter. Ruangan di dalam Ka’bah diperkirakan mampu menampung sebanyak 50 orang.

Namun, tahukah anda, apa saja isi di dalam bangunan yang disucikan umat Islam itu? Ketua Islamic Society of North America (ISNA) atau Masyarakat Islam Amerika Utara pernah diberi kesempatan untuk masuk ke dalam Ka’bah di tahun 1998. Ternyata tak banyak benda yang terdapat di dalamnya.

Di dalam Ka’bah ternyata terdapat  3 pilar dan meja untuk meletakkan parfum. Di langit-langitnya tergantung beberapa lampu lentera. Tak disebutkan lampu lentera itu terbuat dari bahan apa. Namun pada tahun 1940-an, lampu itu dikabarkan terbuat dari emas dan bertatahkan permata serta mutiara.

Di dalam Ka’bah tak ada lampu listrik. Sementara tembok dan lantainya terbuat dari marmer. Tak ada satu pun jendela di bagian dalamnya dan hanya terdapat satu pintu untuk keluar-masuk. Langit-langit Ka’bah juga ditutupi selimut kain seperti halnya dinding bagian luarnya.

sumber: republika.co.id

Iklan

Responses

  1. terima kasih atas artikelnya semoga infonya berguna untuk kita semua.thx

  2. aamiin…

    terimakasih juga sudah berkunjung, semoga dibalas Allah dengan balasan kebaikan yang banyak ^^

  3. Tahukah Prof, kalau Ali bin Abi Thalib as lahir di dalam Kabah?

    • Tak banyak orang yang mempunyai kesempatan untuk masuk ke dalam Ka’bah. *Apatah lagi dilahirkan di dalam ka’bah ya, Mbak?! ^^*

      Yang Risma tahu, Ali bin Abi Thalib r.a. lahir di Mekkah. Tapi memang, katanya, muslim syi’ah percaya kalo Ali lahir di dalam ka’bah. Hmm, ntar Risma coba cari literaturnya deh Mbak, insyaAllah. *Jadi inget buku shiroh sahabat yg dipinjem temen dan ga balik2 nie…^^*


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: