Oleh: sangprofesor | Maret 27, 2011

100% Diary

Setelah taaruf singkat di maskam, kami berangkat menuju tempat yang dirahasiakan itu. Subhanallah. Walhamdulillah. Tau saja mereka… selama hampir tiga tahun kuliah di jogja, aku memang belum pernah ke tempat ini. Mungkin pernah, tapi dalam mimpi. Fiuh….

Sepanjang jalan kami sibuk dengan aktivitas masing-masing. Sebagian ada yang mengobrol, sebagian lagi tertidur, sisanya sekedar membaca-baca sambil sesekali mencari inspirasi, melempar pandang ke luar mobil. Dan aku termasuk dalam golongan terakhir itu, ”aku rasa”. Pasalnya, mbak Eska yang duduk di sampingku tiba-tiba saja membuyarkan rasa-rasaku itu dengan pertanyaannya, ”Risma. Apa bedanya mencari inspirasi ama melamun?” Wew?! Nyindir…

Akhirnya kami pun tiba di penginapan. Di pintu gerbang wisma itu ada seonggok patung penyambut tamu. Aih! Hari gini patung-patung berbau syirik gitu masih digemari ya?! Ada bau kejawen… Namun wisma ini cukup nyaman. Ada musholla, kolam kecil penuh ikan warna-warni dan sebuah balai yang bisa digunakan untuk sholat berjamaah, makan bersama dan diskusi-diskusi santai kami punya. Setelah menaruh barang-barang bawaan di kamar masing-masing, kami menuju balai. ”Mau katakan cinta”. Dalam agenda kali ini, ustadz Awan fasilitatornya.

Hmm… Kata ustadz Awan, renstra buku buatanku punya ’harapan’. Hiks, harapan itu masih ada ya ustadz? Hufff….. Semoga saja dimudahkan oleh-Nya. Aamiin.

”Katakan cinta” berjalan lancar. Kami pun diperintah untuk mengumpulkan buah karya yang nyastra. Haduh… karena keburu waktunya habis, aku keluarkan saja puisi lama itu, tentang senandung apel merah, ”…nanti, aku akan tumbuh menjadi pohon buah…”. Entahlah… yang membacanya mungkin akan mengangkat alis lantas berkata, ”ini karya sastra ya???” Hehe…sudahlah. Lain kali harus lebih baik ya…. tetap bersemangat!

Ba’da dzuhur. Ada diskusi bersama bapak “Tomorrow Must Be Better”. Menarik. Dan sepertinya aku memang aneh. Di saat teman-teman yang lain terlihat bosan setengah mati sampai terkantuk-kantuk… aku malah excited dengan apa yang beliau bicarakan. Apa mungkin karena yang beliau bahas adalah terkait tema-tema non khayal kali ya? Realitazzz…ciee…(apa coba!)

Adzan Ashar berkumandang. Setelah sholat berjamaah, kami berangkat menuju panggung terbuka kami. Disana kami akan menampilkan apa2 yang kami punya, apa2 yang kami bisa. Sebuah pentas seni di tengah keramaian satu sudut Yogjakarta. Lucu-lucu dan fantastis! Menguji mental. Sebuah pembelajaran….

Ah. Moment ini terlalu bermakna. Mungkin, nanti, bisa kuceritakan pada anak2, pada cucu2?

Betapapun. Thanks to Allah… thanks for all….

Dan waktu itu, matahari mulai turun menuju garis cakrawala. Mengapa hiruk pikuk pemuda-pemudi penikmat dunia tak jua berkurang? Ada apa gerangan? Ini Maghrib, kawan… Lupakah akan Dia, Sang Penggenggam alam semesta? Kuharap tidak.

Aku berlalu… berjalan pulang sambil memandang debur ombak dan siluet senja diujung sana, bersama mereka, para pejuang tinta,  tanpa berkata apa-apa. Namun aku percaya… bahwa tersimpan harapan di hati tiap-tiap kami, bahwa kami akan memberikan yang terbaik yang kami bisa untuk mereka. Kepada dunia. Untuk tegaknya kalimatullah di bumi-Nya. Semoga Allah memudahkan.

Lalu sejenak, aku pikir aku akan mengenang tentang sebuah kebersamaan yang baru saja terjadi, tadi. Di sini. Di tepian pantai Parang tritis…

*)File lama… Tugas menulis diary PDKT FLP hari pertama. Jogja, 29 November 2008. Miss u all.


Responses

  1. Assalam Lia..

    Waah.. kegiatan yang seru ya, tamasya sambil diskusi🙂
    Ditulisnya udah lama ya ?! 2008 yang lalu.. kapan-kapan update 100% diary yang terbaru dong😀 Agry pengen baca..

  2. wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh…^^

    iya, Gry… itu udah lebih dari 2 tahun yg lalu ^^
    dan request Agry pun diterima…
    itu ada segelintir cerita terbaru dari Lia; P-A-R-E. eh, diselipin fotonya juga… *special for Agry, so shy sebenernya >_<*

    moga dibaca ama Agry aja deh… *masih so shy huff*


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: