Oleh: sangprofesor | Maret 25, 2012

PKU-Program Kaderisasi Ulama

YOGYA–Hari ini(25/3) diperkenalkan dengan sebuah program yang dasyat nan keren. Duh, Risma kemana aja sie… Ini program beneran deh, KEREN bagi saya. Namanya PKU: Program Kaderisasi Ulama. Sounds cool… in the fact, it’s really really cool.

***

Hidayatullah.com–Selasa pagi kemarin (20/03/2012) rombongan peserta Program Kaderisasi Ulama’ (PKU) angkatan ke-V Pondok Modern Gontor mengadakan pertemuan dengan MUI Jawa Timur. Dalam pertemuan yang diadakan di kantor MUI Jatim tersebut, KH. Abdussomad Bukhori, ketua MUI Jatim menyampaikan pesan, bahwa kader-kader ulama’ harus memiliki kemampuan merespon kelompok-kelompok yang menodai Islam.

Kepada peserta PKU, Kyai Abdussomad sangat mengharapkan kader-kader ulama’ ini juga berkiprah sebagai ulama’ meneruskan perjuangan ulama’-ulama di MUI. Apalagi, pada saat ini tantangangan semakin banyak. “Jika ada kelompok yang merusak akidah Islam, maka kader PKU ini lah yang harus meluruskan”, pesan ketua MUI tersebut kepada anggota PKU.

Pernyataan ketua MUI Jatim tersebut ditegaskan oleh Dr. Hamid Fahmy Zarkasyi, Direktur program kaderisasi Ulama’ Gontor. “Kita mendidik calon ulama’ yang diharapkan mereka responsif terhadap tantangan”, ujar Dr. Hamid dalam sambutannya.

Setelah enam bulan belajar di PKU Gontor, Dr. Hamid mengharapkan para peserta ikut berpartisipasi dalam menjawab isu-isu tantangan kontemporer. Karena ini yang saat dibutuhkan umat Islam sekarang.

Tantangan-tantangan tentang studi Qur’an, Hadis, mafahim haddamah (faham-faham yang merusak) dan lain-lain yang telah dipelajari harus disampaikan kepada umat.

Dr. Hamid, yang juga anggota pleno MUI Jatim pada kesempatan itu menjelaskan pentingnya menguasai tantangan kontemporer. Menurutnya, PKU Gontor saat ini mengajarkan itu. “Ilmu-ilmu syari’ah dikuasai untuk digunakan menjawab tantangan kontemporer”, tambahnya.

Dalam kesempatan itu, ia mengaku gembira dengan langkah MUI Jatim yang responsif terhadap kasus Syiah di Jawa Timur. “Saya sangat mendukung MUI Jatim yang telah mengeluarkan fatwa sesat aliran Syiah” imbuh direktur paska sarjana ISID Gontor tersebut.

Dalam pertemuan tersebut juga hadir enam mahasiswa Universitas Sains Malaysia Jurusan fikih dan fatwa yang sedang KKN di ISID. Pertemuan ini dimanfaatkan untuk tukar informasi tentang metode fatwa antara Malaysia dan Indonesia.

Selama di Surabaya, romongan PKU mengadakan workshop tantangan pemikiran Islam kontemporer di sejumlah kampus. Di antaranya di Universitas Airlangga, ITS dan IAIN Sunan Ampel. Workshop ini selanjutnya akan diteruskan ke sejumlah kampus di Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Barat, Jakarta dan Banten.

Program PKU Gontor ini sangat diapresiasi ketua MUI Jatim. Kya Abdussomad berharap kelak diadakan kerjasama dalam training pendidikan kader ulama’.*

source: hidayatullah.com

***

Iya. Jadi ceritanya, hari ini ikutan seminar “Tantangan Pemikiran Islam Kontemporer” dari PPKU(Peserta Program Kaderisasi Ulama) di UIN Sunan Kalijaga Yogya. Sebenarnya, kemarin(Sabtu-24/3), sudah ada versi yang di UGM, tapi karena Sabtu adalah jadwal untuk mengajar, makanya ga bisa hadir. And today, Alhamdulillah, diberi kesempatan oleh Allah untuk membersamai mereka, engg.. menyimak presentasi dari mereka maksudnya.

Yuph. Great Seminar. There are so many things which i can share actually. But not in this section… my apologize. Ya, i just wanna share about that programme. Sebuah program yang diawal cerita ini saya sebut sebagai program yang KEREN. Tentunya, punya keinginan mendaftarkan diri juga di program itu: PKU-Program Kaderisasi Ulama. Secara, ranah ini termasuk salah satu passion saya. Cuma, untuk sekarang, udah keburu ga lulus dink, belum masuk kategori calon peserta yg dicari. Iya, salah satu kriteria/persyaratan yang diajukan pengelolanya, buat yang akhowat atau kandidat perempuannya, mesti kudu punya status “Sudah Menikah” heula… baiklah… yang masih single ini menyingkir… Tapi berbeda dengan yang ikhwan aka yang putra. Yang putra justru dicari yang masih single, sudah lulus S1, dan bisa bahasa Arab(dua syarat terakhir ini juga diberlakukan buat calon peserta putri).

Nah, ada yang tertarik kah? Bagi yang berpeluang, silahkan 2x… Indonesia memanggil, sahabat! Watawa shaubil haq watawa shaubish shabr… Let’s move! Keep on Move! ^^

Dan untuk para PPKU and team, thanks for share today, semoga semakin massive dan progressive, semoga antum sekalian istiqamah di jalan-Nya: Isy Kariman Aumut Syahidan… Allahuakbar!!! ^^

***

nb. Oya, Jazaakillahu khairan katsir untuk ukhtina Yurisa yang selalu siap siaga dalam merekam kajian2 seputaran Jogja. Jika sahabat sudah berkenalan dengan www.youtube.com, maka sahabat bisa secara langsung searching disana dengan keyword “kajianchannel”. InsyaAllah, ada banyak rekaman kajian bagus yang beliau upload disana. Termasuklah seminar “Tantangan Pemikiran Islam Kontemporer” dari PPKU yang saya sebutkan tadi. Barakallahu fiek… ^^


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: