Oleh: sangprofesor | Januari 24, 2013

Usulan Komprehensif Untuk Banjir (Tahunan) Jakarta

courtesy: republika.co.id

courtesy: republika.co.id

“Entah gimana caranya, apapun akan kita lakukan, pokoknya, pada musim kering nanti kita harus mengupayakan penanganan untuk mencegah bencana seperti ini terulang lagi pada tahun-tahun selanjutnya.”

Redaksi tepatnya terus terang saya sudah tidak begitu ingat, tapi kira-kira seperti itu komentarnya, komentar Pak Gubernur DKI Jakarta 2012-2017 yang saya dengar dari salah satu reportase berita di stasiun televisi Indonesia beberapa hari yang lalu saat beliau berperahu, meninjau daerah di Jakarta yang lumpuh oleh banjir.

Berita lainnya, kali ini via media berita online Indonesia, yang mungkin akan merekahkan senyuman di banyak wajah, :3 ~Senyuman versi 2013-2014? Apapun~. Iya, karena ini tentang sesuatu yang saya kira akan cukup mencerahkan, tentang usulan komprehensif dari beliau Pak Ahmad Heryawan, Gubernur Jawa Barat.

Seperti yang dilansir Republika Online (ROL),

Menurut Gubernur Jabar Ahmad Heryawan, dibutuhkan penanganan dan kerja sama terpadu antara Pemprov DKI Jakarta, Banten, dan Jabar.

Penanganan itu, kata dia, dipimpin langsung pejabat Pemerintah Pusat yang ditunjuk secara khusus oleh Presiden. Oleh karena itu, menurut Heryawan, Ia sedang menyiapkan usulan komprehensif untuk mengatasi banjir.

“Kami segera menyampaikan usulan yang komprehensif kepada Pemerintah Pusat,’’ ujar  Heryawan yang juga menjabat sebagai Ketua Badan Kerja Sama Pembangunan (BKSP) Jabodetabekpuncur (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Puncak, dan Cianjur), akhir pekan ini.

Mudah-mudahan, kata dia, usulan komprehensif tersebut menjadi kesepakatan semua pihak. Karena,  semua pihak beberapa kali mendapat peringatan melalui banjir besar. Tiga hari terakhir, Jakarta dilanda darurat banjir yang tidak cuma di kawasan pinggirannya saja, tapi hingga jantung kota, termasuk Istana Negara yang ditempati Presiden. ‘’Saatnya penyelesaian yang komprehensif,” tegasnya.

Heryawan menjelaskan, pencegahan banjir dalam jangka menengah dan panjang meliputi normalisasi kawasan daerah aliran sungai (DAS), mulai hulu hingga hilir, berikut infrastruktur pengaturan air.

Untuk melengkapinya, bisa saja dibutuhkan waduk raksasa untuk menampung luapan air sungai-sungai. Namun, sambung dia, pada saat yang sama penertiban dan pengaturan kembali tata ruang harus segera digelar. Di sisi lain, budaya pro lingkungan wajib ditumbuhkan di semua lapisan masyarakat. “Semua ini jelas pekerjaan raksasa,” tegasnya.

Berdasar kompleksitas masalahnya, sambung Heryawan, saatnya pemerintah pusat segera mengambil komando. Agar, koordinasi langkah kementerian yang terlibat bersama tiga provinsi berjalan mulus. Dengan koordinasi langsung di bawah pejabat yang ditugasi khusus, maka inventarisasi masalah pun bersifat menyeluruh.

Sementara mengenai rencana pembangunan waduk raksasa di Ciawi Bogor, Heryawan mengatakan, memang wacana tersebut sempat mencuat dalam pertemuan Gubernur Banten Atut Chosiyah, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo, dan dirinya pada pertemuan  di Bandung, akhir 2012. Namun, hingga saat ini belum ada progres berarti. ‘’Rencana ini masih perlu dikaji secara mendalam,’’ tuturnya.

Nah2, kalau Pak Gubernur DKI Jakarta 2012-2017 masih rada bingung ama “Gimana cara ini Jakarta kagak kebanjiran lagi”, maka semoga saja usulan komprehensif seperti yang dipaparkan singkat oleh Pak Aher ini bisa menjawabnya.

Semoga segera ada koordinasi integral, kerja sama dan langkah konkretnya untuk kebaikan semua; be better Jakarta; be better Indonesia.

Semoga lekas pulih, ya, Jakarta Raya… :3

DI Yogyakarta, 22 Januari 2013

Teriring doa, seperti selalu,
untuk saudara-saudara di seluruh penjuru Indonesia,
di seluruh penjuru dunia.
Semoga Allah senantiasa jaga……

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: